Abstrak Skripsiku

Posted: Oktober 31, 2012 in My Arsip

ABSTRAK

Penggunaan Perangkat Lunak Cabri 3D Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Di Kelas IX SMP Negeri 24 Palembang

Muhammad Irsadi Farista

2007121373

    Proses pembelajaran yang berlangsung monoton selama ini, pada materi dimensi tiga yang selalu divisualisasikan atau diaplikasikan pada dimensi dua sangat membatasi pola fikir dan imajenasi peserta didik dalam pemahaman konsep spasial atau bangun ruang. Hal ini menyebabkan rendahnya kualitas pendidikan. Kenyataan yang ada pada pembelajaran di dalam kelas selama ini, siswa hanya diberikan rumus, diberikan contoh dimensi tiga dalam dimensi dua dan menyelesaikan latihan. Dalam hal ini guru perlu sedikit lebih aktif untuk mewujudkan visualisasi dimendi tiga menggunakan media pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas yang telah ada disekolah tersebut. Salah satu pemanfaatan fasilitas sekolah yang bisa dimanfaatkan oleh guru adalah laboratorium komputer dan peralatan visualisasi (infokus dan layar). Dengan adanya fasilitas tersebut maka pemahaman konsep spasial atau bangun ruang dan kemampuan pemahaman konsep siswa dapat diwujudkan dengan bantuan perangkat lunak Cabri 3D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dalam belajar matematika setelah digunakan Perangkat Lunak Cabri 3D pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IX SMP Negeri 24 Palembang.

    Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu kategori one shot case study. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.6 SMP Negeri 24 Palembang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Variabel dalam penelitian ini adalah Pemahaman konsep matematika siswa setelah pembelajaran menggunakan Perangkat Lunak Cabri 3D. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Tes dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan pemahaman konsep siswa terhadap 7 indikator kemampuan pemahaman konsep (IPK) dalam menyelesaikan soal – soal tabung dan kerucut setelah pembelajaran menggunakan media komputer dengan perangkat lunak Cabri 3D.

Dari hasil analisis data didapat data dari tes adalah persentase kemampuan pemahaman konsep siswa terhadap 7 indikator pemahaman konsep (IPK). Setelah pembelajaran menggunakan perangkat lunak Cabri 3D terdapat 45,17 % siswa yang dikategorikan persentase pemahaman konsepnya sangat tinggi. 35,48% siswa yang mencapai kategori persentase pemahaman konsepnya tinggi, dan 16,35 % siswa dikategorikan persentase pemahaman konsepnya cukup. Untuk kategori persentase pemahaman konsepnya rendah dan sangat rendah yaitu 0 %. Untuk rata – rata tes akhir keseluruhan siswa kategori pemahamman konsep siswa adalah tinggi yaitu 82,20.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s