Jurnal “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI MEDIA VISUALISASI UNTUK KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA”

Posted: Desember 4, 2012 in Buku dan Jurnal, My Arsip
Tag:, , , , , ,

Jurnal ini membahas peran ICT dalam dunia pendidikan ditinjau dari keefektifan dalam pembelajaran. ICT sebagian besar digunakan sebagai media visualisasi dalam proses pembelajaran. Dimana ada beberapa keefektivan utama yang bisa disimpulkan dalam pemanvaatan media sebagai visualisasi, yaitu :

Keefektifan Media Visualisasi Ditinjau dari Psikologi.

Sugesti buruk yang telah melekat pada pembelajaran matematika, menuntut kita untuk membuatnya menjadi suatu yang menyenangkan dan menarik dengan menggunakan media TIK. Seperti dikutip dari tulisan Gunawan (2007) pembelajaran TIK dengan penggunaan warna – warni, gambar, audio, video membuat pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga menimbulkan emosi positif. Dimana emosi positif itu diukur dari gelombang otak yang disebut kondisi alfa yang berkisar 8 – 12 Hz (optimum 10,5 Hz). Temuan ini menjelaskan bahwa kondisi yang menyenangkan pada saat belajar dapat membuat otak rileks tetapi waspada.

Keefektifan Media Visualisasi Ditinjau dari Efisiensi Waktu Belajar.

Dalam pembelajaran matematika ada beberapa materi yang berhubungan dengan menggambar dan gambar, seperti pelajaran geometri bidang datar dan geometri bidang ruang. Biasanya untuk menggambar sebuah gambar dalam pelajaran matematika kita menghabiskan banyak waktu sehingga kita beranggapan memerlukan waktu yang banyak untuk proses itu. Dengan memanfaatkan TIK, salah satu keuntungan media TIK yang dikutip dari Sahid (2011 : 6) yaitu “mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan tenaga”. Jadi pembelajaran matematika dengan TIK memberikan keefektifan terhadap waktu sehingga tujuan pembelajaran tepat pada waktunya.

Keefektifan Media Visualisasi Ditinjau dari Kemampuan Siswa Yang Berbeda.

Media Visualisasi dengan TIK merupakan alternatif guru untuk mentrasfer ilmu, pengetahuan dan wawasan kepada siswa. Dimana beberapa keuntungan TIK yang dikutip dari Sahid (2011 : 6) yaitu “(1) memvisualisasi konsep – konsep abstrak, (2) mempermudah memahami materi – materi sulit, (3) mensimulasikan proses yang sulit dilakukan secara manual dan lain – lain” merupakan jawaban dari cara mengatasi kemampuan siswa yang berbeda – beda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s